10 Khasiat dan manfaat daun sirsak

Hasil gambar untuk daun sirsak



















Daun sirsak mulai populer digunakan sebagai alternatif pengobatan terutama untuk obat kanker setelah hasil dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa daun sirsak disinyalir lebih baik ( lebih ampuh ) daripada kemoterapi hingga 10.000 kali lipat! Kandungan khasiat antikanker pada daun sirsak jauh lebih tinggi dibandingkan pada buah sirsak. daun sirsak memiliki suatu zat, bernama annonaceous acetogenin, yang dapat secara efektif dan secara selektif memilih dan memecah sel–sel kanker tanpa harus menghancurkan sel-sel yang masih sehat.

Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam daun sirsak ( Graviola ), mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker usus besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo!

Penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah: Graviola bisa menyeleksi memillih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh/terganggu . Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel2 reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh Terapi Kemo, sehingga timbul efek negatif: rasa mual dan rambut rontok.

Sebuah studi di Purdue University juga membuktikan bahwa daun Graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: Prostat, Pankreas, dan Paru2.
Kisah lengkap tentang Graviola, dimana memperolehnya, dan bagaimana cara memanfaatkannya, dapat dijumpai dalam Beyond Chemotherapy: New Cancer Killers, Safe as Mother’s milk, sebagai free special bonus terbitan Health Sciences Institute (http://www.ewellnesspro.com/pdf_files/Beyond%20Chemotherapy.pdf ).

Sekarang anda sudah tahu manfaat daun buah sirsak yang luar biasa ini. Penggunaan manfaat daun sirsak untuk obat sebenarnya mudah dan dapat dilakukan sendiri. Caranya cukup mengumpulkan daun-daun sirsak yang telah berwarna hijau tua. Kemudian beberapa lembar daun sirsak direbus lalu diminum selagi hangat. Tentu saja, ada beragam resep berbeda untuk jumlah seduhan daun sirsak pada setiap penyakit.

Berikut ini 10 manfaat daun sirsak dan resep penggunaanya sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

1. Mengobati Kanker

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli membuhktikan bahwa daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, beberapa jenis kanker yang diklaim dapat diobati adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan 12 jenis kanker lainya. Untuk pengobatan kanker caranya sangat mudah.

Caranya :
Ambil 10 - 21 lembar daun sirsak yg tua ( warna hijau tua ), cuci dan sobek sobek daun tersebut
Rebus bersama 3 gelas air (600 cc), didihkan hingga tinggal 1 - 1,5 gelas (200 cc) Saring. Minum ramuan ini secara rutin 2 kali sehari satu gelas, setiap pagi dan sore
Biasanya hasil akan terlihat setelah 3 – 4 minggu.
Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi bahkan lebih berkasiat karena hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal.

2. Menyembuhkan Asam Urat
Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.
Caranya:
Ambil 10 lembar daun sirsak yang sudah tua namun masih berwarna hijau, cuci dan sobek sobek daun tersebut biar benar benar keluar kandungan didalamnya kemuadian Rebus bersama 2 gelas air (400cc), didihkan hingga tinggal 1 gelas (200cc)
Saring. Ramuan diminum 2 kali sehari satu gelas, tiap pagi dan malam hari dalam keadaan hangat.

3.Mengobati asma
Sakit asma atau sesak napas sangatlah menyiksa bagi penderitanya. Bagi anda yang mempunyai penyakit asma, cobalah dengan memanfaatkan daun sirsak untuk pengobatanya.

Caranya :
Cari dan petik 7 lembar daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut rangrang lalu cuci dan sobek sobek daun tersebut kemudian direbus. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.

4. Ramuan untuk Penderita Darah Tinggi

Daun sirsak ternyata juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat kita manfaatkan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau yang biasa kita sebut dengan hipertensi.

Caranya :
Ambil 10 lembar daun sirsak,Ambil 2 – 3 siung bawang putih. Iris tipis ,Rebus bersama 3 gelas air (600cc), didihkan hingga tersisa 1 gelas (200cc). Saring. Diminum 2 kali sehari satu gelas

5. Mengobati Sakit Pinggang

Jika anda sering merasa sakit pinggang , cobalah untuk membuat ramuan daun sirsak ini.

Caranya :
Ambil 20 Lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas serta minum 1 kali sehar 3/4 gelas.

6. Sebagai Obat Wasir

Di dalam daun sirsak mengandung unsur-unsur yang dapat menyembuhkan wasir atau ambeien,
penggunaan daun sirsak untuk penyembuhan wasir haruslah didukung oleh makanan berserat dan memperbanyak minum air putih agar feses menjadi lunak dan tidak semakin parah peradangan yang terjadi di saluran anus. Utuk cara pengobatan sbb:

Caranya :
Ambil 10 lembar daun sirsak kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa hanya 1 gelas. Minum air rebusan tersebut sekali sehari.

7. Obat Batuk Ringan

Daun sirsak juga berkhasiat untuk mengobati batuk ringan.
Caranya :
Ambil 7 lembar daun sirsak muda. Remas dan tampung airnya. Minum setiap pagi sebelum manyantap apapun.

8. Mengobati Bisul

Selain untuk ramuan pengobatan dari dalam ,daun sirsak juga bisa untuk ramuan obat luar seperti bisul.
Caranya :
Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai lalu tempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.

9. Mengobati Eksim dan Rematik

Untuk mengobati eksim dan rematik
Caranya :
Remukan/tumbuk beberapa lembar daun sirsak sampai halus dan letakkan atau tempelkan di bagian yang sakit sampai tidak terasa sakit lagi, biasanya harus dilakukan hingga beberapa hari.

10. Menghilangkan Kutu Rambut

Daun sirsak bisa juga untuk menghilangkan kutu di rambut.
Caranya :
Rebus beberapa lembar daun yang sudah tua, lalu air hasil rebusannya digunakan untuk keramas. Lakukan secara rutin.

Yang perlu diperhatikan..!!!
Saat pengambilan daun sirsak sebaiknya dimulai dari daun ke-4 atau ke-5 dari ujung pucuk, dikarenakan pada daun yang terlalu muda, senyawa belum banyak terbentuk. Sementara pada daun yang tua sudah mulai rusak sehingga kadarnya berkurang. Untuk stock penyimpanan agar awet daun dapat dikeringkan. Proses pengeringan sebaiknya tidak dilakukan di bawah sinar matahari terik karena dikhawatirkan akan merusak senyawa dalam daun sirsak. Daun sirsak kering memiliki senyawa yang tetap sama dengan daun sirsak basah karena yang berkurang dalam proses pengeringan hanya kadar airnya. Sementara, senyawa dalam daun tetap terjaga.
Penyimpanan daun sirsak dalam lemari pendingin maksimal sepekan sejak pemetikan karena proses pendinginan yang lama dikhawatirkan akan merusak senyawa dalam daun selain aroma daun yang tidak enak karena proses fermentasi.

Itulah artikel 10 khasiat dan manfaat daun sirsak untuk pengobatan dan kesehatan tubuh, untuk kasiat buah sirsak bisa anda baca diartikel 10 khasiat danmanfaat buah sirsak . Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar